GEMBLONG EMPUK MANIS GURIH

Pada umum nya kita sudah tau atau pernah dengar apa itu Kue Gemblong. iya Kue yang berbahan dasar tepung ketan, gurih nya kelapa parut dan manis nya balutan gula ini sering kita jumpai, di pasar traditional di jalan atau di kampung". panganan khas ini di gemari oleh semua kalangan tua ataupun muda. 


Gemblong, dari nama nya memang unik dan tidak begitu keren sih nama nya, tapi dari cita rasa nya yg khas unik itu yg membuat Kue traditional ini masih sangat digemari oleh semua kalangan. yah begitupun dengan saya heee...heee.. :D .

Kue Gemblong jajanan traditional yng harus kalian coba ! yah bagi yg belum tau yah . kalo yg udah tau sih pasti tau gimana rasa nya . haaahahaa :D

kebetulan nih gan yg pengen tau apa sih bahan bahan dan cara" nya bikin Kue Gemblong dan biar Kue Gemblong ini bisa empuk gurih dan manis. nah... di blog ane nih di kesempatan ini mumpung lagi punya ide nih hee... :D saya akan menuliskan resep bahan bahan Kue Gemblong dan cara pembuatan nya . udah lah langsung cuss aja .... ini nih bahan" nya gan catet aja yeuh :D

Bahan adonan kue :

* Tepung beras Ketan ( 100 gr )
* Tepung tapioka ( 50 gr )
* Kelapa yg sudah di parut ( 30 gr )
* Garam ( secukupnya )
* Air yg sudah mendidih ( 50 cc )
* Minyak untuk menggoreng

Bahan besta ( balutan gula )

* Gula ( 250 gr ) bisa gula merah atau gula pasir { Sesuka nya aja yg penting enak menurut kita :D }
* Garam ( secukupnya )
* Air ( secukupnya )


Cara membuat bahan adonan kue gemblong

1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali minyak goreng yah gan ... ulenin hingga adonan menjadi kalis.
2. Setelah adonan kalis bentuk adonan sesuai selera. yah itu mah gimana aja ga perlu sesuai ama yg biasa kita temuin kreasi kita aja gan :)
3. Setelah bentuk masukan adonan ke minyak goreng.
 (tips gan ) pada waktu menggoreng adonan minyak engga harus panas yah . langsung masukkan aja pada waktu minyak dingin agar adonan matang merata dan tidak meletus letus saat di goreng . gunakan api kecil .
4. Angkat lalu tiriskan.

Cara membuat besta

1. Masukan semua bahan lalu panaskan menggunakan api kecil lalu aduk semua bahan hingga gula larut terus aduk hingga gula menjadi sedikit kental.

Cara mencampurkan Kue dengan besta

1. Masukkan kue yg sudah matang kedalam besta dengan api yang kecil jangan dulu di matikan api nya sampai kue terbalut oleh gula .
2. Setelah tercampur rata matikan api, diam kan sampai gula mengeras
3. Angkat , lalu siap di sajikan.


ok ... gan itu resep bahan adonan Kue Gemblong yg bisa saya share ke kalian terima kasih udah mampir n baca" kalo ada yang mau ditanyakan silahkan comment aja di bawah yah gan . :) thank u :D

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment