Resep Cilok Kenyal

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat cilok dan lezat untuk Anda semua. Anda kenal cilok? Ya, cilok merupakan singkatan dari ‘aci dicolok’. Makanan camilan ini cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Dari namanya, kita tentunya bisa menebak bahwa cilok terbuat dari aci/tepung kanji/tepung sagu. Tak hanya kepopulerannya saja, cilok juga merupakan camilan yang paling digemari masyarakat. Cilok merupakan makanan yang merakyat dan rasanya sangat enak dan renyah di lidah. Maka tak heran, jika makanan ini disukai oleh kebanyakan masyarakat golongan menengah ke bawah.
Bagi Anda yang ingin mencoba membuat makanan rakyat yang satu ini, tidak ada salahnya mengikuti panduan berikut. Ini dia cara membuat cilok enak, lezat dan tentunya lebih sehat.





Bahan-bahan


  1. 100 gr Tepung Terigu
  2. 100 gr Tepung Tapioka
  3. 3 batang Daun Prei/Kucai di iris tipis
  4. Bahan yang direbus mendidih :
  5. 200 ml Air
  6. 3/4 sdt Garam
  7. 1/2 sdt Gula pasir
  8. 1/4 sdt Merica bubuk
  9. 1/4 sdt Penyedap rasa
  10. 2 siung Bawang putih halus

Langkah


  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam wadah besar
  2. Masukkan daun Prei dan campuran air tadi(keadaan masih panas mendidih) ke dalam campuran tepung lalu aduk dengan sendok sampai rata.
  3. Siapkan panci, lalu didihkan air untuk merebus cilok.






  4. Bulatkan adonan cilok, sesuai selera. Setelah air dalam panci mendidih masukkan ciloknya. Setelah mengapung itu menandakan cilok sudah matang.
  5. Cilok siap disajikan dengan saus kacang, kecap dan saus cabe.😍
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment